Dari, Oleh, Untuk MWCNU RENGEL

Wikipedia

Hasil penelusuran

Language Choice

غينا غينكم غينهم

Minggu, 25 April 2021

HUT Fatayat Ke 71 Per April 2921


Hartabuta :

Ahad,  25-4-2021

Fatayat 71 Tahun

Fatayat adalah salah satu lembaga otonom di lingkungan Nahdhatul Ulama. Didirikan di Surabaya pada 24 April 1950 M, bertepatan dengan 7 Rajab 1369 H.

Perjuangan Fatayat dirintis oleh “Tiga Serangkai”. Sebagai pendiri Fatayat NU, beliau adalah Khuzaemah Mansur, Aminah Mansur, dan Murtosijah Chamid.


Perjuangan “Tiga Serangkai” ini tidaklah mudah. Mereka harus menyakinkan organisasi induk, Nahdhatul Ulama, tentang perlunya dibentuk wadah perempuan dalam organisasi. Akhirnya, Fatayat disahkan oleh PBNU sebagai organisasi badan otonom pada tahun 1952 pada Muktamar NU di Palembang.


Sejak awal perjuangan, Fatayat telah berkomitmen untuk mencerahkan dan memberdayakan perempuan. Berbagai kegiatan dilakukan untuk peningkatan sumber daya perempuan, baik secara material dan spiritual.


Berbagai pelatihan keterampilan diberikan. Bahkan, pada zaman perjuangan, pelatihan militer: menembak, dan menggunakan granat diberikan. Kegiatan spiritual, seperti: membaca Al-Qur’an, tahlil, dibaiyah, dan belajar bersama kitab kuning, rutin dilakukan.


Pencerahan yang dilakukan oleh Fatayat NU yang harus dicatat adalah, ia telah memberikan pendidikan kepada perempuan untuk  menjadi “manusia yang utuh”. Melalui gerakan kesetaraan gender, Fatayat memperjuangkan hak-hak perempuan.


Fatayat menyadarkan bahwa peran perempuan bukan hanya sebagai istri dan ibu rumah tangga. Mereka berhak menentukan pilihan-pilihan dalam hidupnya, serta mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya.


71 tahun usia Fatayat, tantangan semakin berat. Langkah yang diambil tak boleh melambat. Dengan semangat harlah Fatayat, mari wujudkan perempuan hebat.


Selamat harlah Fatayat!

Perempuan bisa!

Indonesia Jaya!


#harlahfatayat71

#fatayatpacwagir

#perempuanbisa

#SalamSorBarongan


*💥ألله أكبر⭐*


*💥الحمد لله رب العالمين⭐*


Lanjutkan perjuangan 💥🤺⭐


Terus maju pantang mundur,  pantang menyerah wahai FATAYAT-Q  ... !


Maju Tak Gentar,  Membela Yang Benar  !


Rawe-Rawe Rantas,  Malang-Malang Putung  !


Patah Tumbuh Hilang Berganti  !


Selamat  berjuang dan berkorban serta berdedikasi secara terhormat dan profesional 💥🤺⭐ !


*💥إن الله معكم أبدا  ... إن شاء الله  ! ⭐*


*💥إن الله معنا أبدا  ... إن شاء الله  ! ⭐*


*بارك الله فيكم وفيهم وفينا أبدا  ... أمين أمين أمين اللهم امين  🧘‍♂️🙂🙏☝️✋🇲🇨🕋❤️💥⭐*

0 Comments:

Posting Komentar