Dari, Oleh, Untuk MWCNU RENGEL

Wikipedia

Hasil penelusuran

Language Choice

غينا غينكم غينهم

Senin, 18 Januari 2021

Si Tukang Jagal Teman Duduknya Nabii Muusaa 'AS Di Syurga

DIA TEMAN DUDUK NYA

NABI MUSA AS DI 

بسم الله الرحمن الرحيم.

درةالناصحين ص،٤٩.


حكى : أن موسى عليه السلام قال إلهى أرنى جليسى فى الجنة فقال الله تعالى إذهب إلى البلد الفلانى إلى السوق الفلانى فهنالك رجل قصاب وجهه كذا فهو جليسك فى الجنة،فذهب موس عليه السلام إلى ذلك الدكان فوقف هناك إلى وقت الغروب فأخذ القصاب قطعة لحم وطرحها فى زنبيل،فلماانصرف قال موسى عليه السلام هل لك فى الضيف،  قال نعم فمضى معه حتى دخل داره فقام الرجل وطبح من ذلك الحم مرقة طيبة ثم أخرج من داره زنبيلا, فيه عجوز ضعيفة كأنها قرخ حمامة فأخرجها منه فأخذ ملعقة.


وكان يضع الطعام فى فمهاحتى شبعت وغسل ثوبهاوجففه وألبسهاثم وضعها فى الزنبيل فحركت العجوزشفتها،قال موسى عليه السلام قد رأيت شفتيهاقالتا: أللهم اجعل إبنى جليس موسي فى الجنة،ثم أخذها ألرجل فعلقها على الوتد.

فقال موسى عليه السلام  ما الذى صنعت ؟ قال إن هذه والدتى قد ضعفت حتى لاتقدر على القعود.


فقال موسى عليه السلام لك البشارة أنا موسى وأنت جليسى فى الجنة، يسرها الله بحرمة أسمائه الطيبة وبحرمة من أفضل البرية،هذه حكاية لطيفة فى الزبدة فعلها بالصدق والعمدة.


Di kisahkan:

Bahwa Nabi Musa As Berkata : 

Tuhanku perlihatkan padaku Teman dudukku di Surga, Lalu Allah Ta'ala menjawab nya : Pergilah kamu ke Negara fulan sampe ke pasar fulan di sana ada seorang tukang jagal dan wajah nya seperti ini, Dia lah Teman dudukmu di surga. 


Lalu Pergilah Nabi Musa ke negara fulan sampei pada toko yang ada di pasar fulan, Nabi Musa As berhenti di situ menunggu  sampai waktu ghurub( menjelang matahari terbenam), Tukang jagal itu mengambil sepotong daging lalu di masukkan dalam tas nya ( kepis tempat daging/ikan ) ketika tukang jagal itu pergi mau pulang Nabi Musa As bertanya , Apakah engkau memiliki tamu ,Tukang jagal itu berkata : Ya, Kemudian Nabi Musa as meneruskan perjalanan bersama Tukang Jagal  hingga sampai ke rumah nya.


Lalu laki2 itu berdiri dan memasak sepotong daging dengen duduh yang bagus lantas dia keluarkan kepis itu dari rumahnya.


Di dalam rumah ada seorang perempuan tua yang lemah Bagaikan Anak burung dara lalu dia keluarkan perempuan itu lantas dia mengambil sendok dia suapkan makanan di dalam mulut perempuan itu hingga kenyang,dia cuci pakaian perempua tua itu dan dia keringkan lalu dia pakaikanya kemudian dia meletakkan sisa sepotong daging itu ke kepis nya lagi.


Nabi Musa As Berkata : Sungguh Aku melihat kedua bibir perempuan tua ini mengucapkan doa :  

Allahumma  ij'al Ibnii jaliisa Musa fil jannah. (Ya Allah jadikan anak laki

laki ku ini teman duduknya Nabi Musa as di Surga.)


Kemudian laki laki tukang jagal memegang perempuan tua kemudian  megantungkan di atas tiang , lalu Nabi Musa  as berkata : Apa yang kau perbuat ? laki laki tukang jagal itu berkata : Perempuan Tua ini  adalah Orang tuaku sungguh dia lemah sekali  sampai dia tidak mampu untuk duduk. Lalu Nabi Musa as berkata : Bagimu Bebungah , Aku adalah  Musa dan kamu adalah Teman duduk Ku di Surga . Semoga Allah Ta'ala mempermudah kan nya Dengan kemulyaan Nama Namanya yang Baik dan dengan kemulyaan orang yang paling utama utamaanya  mahluq.


Hikayah ini di dalam Al Zubdah. Dibuat dengan Kejujuran dan Berlandaskan.


Wallahu A'lam.

Durrotun Nasihin  hal 49.

#Kang Santri

0 Comments:

Posting Komentar