Dari, Oleh, Untuk MWCNU RENGEL

Wikipedia

Hasil penelusuran

Language Choice

غينا غينكم غينهم

Selasa, 12 Januari 2021

COViD-19 Oh COVID-19 ! Pandemi Global Penanda Aachiruz Zamaan ?

 [11/1 14.28] الشيخ دمنهوری: Pandemi ini cepat atau lambat akan menular secara global.

Para Dokter di dunia (Regu Pembasmi Covid19) mengatakan bahwa pandemic ini cepat atau lambat akan menular secara global, dan tidak dpt dihindari.

Yang paling penting adalah tingkatkan daya tahan tubuh anda dan tidak bisa hanya dengan mengandalkan MASKER dan CUCI TANGAN.


Jadi sebaiknya kita cepat2 meningkatkan ANTI BODY masing2. Bagaimana caranya membuat ANTI BODY dlm waktu singkat? Ada 5 cara berikut ini:


1. Setiap hari Harus Cukup Masa Tidur Minimum 7 JAM. Bagi orang2 yg masa tidur kurang dari 7 jam, akan mengalami penurunan ANTI BODY nya.


2. Diwajibkan makan secara 'BAGUS'.

Bukan maksud makan makanan yg mewah, tetapi maksudnya makan makanan yang ber PROTEIN tinggi.

Dan INGAT jangan makan GULA. Begitu makan gula, reaksinya adalah menghentikan pembentukan sel DARAH PUTIH selama 5 jam. Begitulah pentingnya memperbaiki pola makan kita.


3. Covid19 telah membentuk system pola hidupnya. Begitu memasuki musim dingin akan berkembang lebih cepat.

Maka diperlukan banyak berjemur MATAHARI untuk membantu process terbentuknya vitamin D dalam darah.


Para Ahli Medis juga menemukan bahwa bagi orang yg rutin mengkonsumsi Vitamin D secara teratur, resiko kena infeksi tenggorokan menurun sekitar 60%.

Jika tidak sempat berjemur matahari, boleh makan Vitamin D tablet sesuai dosis yang dianjurkan.


4. Begitu pulang dari kantor dan dari bepergian, segera berkumur,  boleh dgn apa saja: Air panas, Air Garam hangat, Listerin, Teh hijau, semuanya berkhasiat sama.


5. Para Dokter juga menegaskan... pihak research dari Jepang, Israel, Finlandia telah menemukan bahwa dgn mandi AIR PANAS sekali dlm sehari, hasilnya meningkatkan suhu badan yang dapat mengurangi resiko tertular Covid19.


Para Ahli Medis ini juga memberitahu bahwa jika kita melakukan 4x mandi AIR PANAS dlm seminggu, resiko tertular Covid19 akan menurun sekitar 40%.

Cukup Mandi Air Panas dgn suhu 40 derajat Celsius dan selama 5 menit sudah CUKUP.


Tidak perlu panik, selalu cuci tangan dan berkumur-kumur, pakai masker, dan hindari kerumunan.


Semoga Sehat Selalu.


Ini Kiat khusus untuk teman2 yang berusia 50-60 thn, lebih khusus lagi bagi yang di atas 70 thn:


1.Menunda perjalanan jauh dgn pesawat udara.


2. Jangan makan makanan di kedai atau warung.


3. Hindari pergi ke acara pernikahan yang tidak perlu sekali, atau upacara serupa lainnya.


4. Jangan melakukan perjalanan dgn bus atau KA bila tidak mendesak sekali.


5. Jangan pergi ke pasar basah.


6. Disiplin mengikuti norma sosial jaga jarak.


7. Hindari kontak dari orang yang menderita batuk atau flu.


8. Tetap pakai masker ke mana dan pada saat apa pun.


9. Berhati-hatilah menjaga kesehatan anda, terutama saluran pernapasan anda.


10. Jangan biarkan diri anda berada dalam keramaian apapun di sekitar Anda.


11. Lebih baik makanan yang masak dirumah.


12. Jangan pergi ke Cinema.


13. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan makan vitamin, sayur mayur atau buah2an segar lokal, bukan import.


14. Sangat berhati-hati saat berada di toko2, salon kecantikan, atau tukang cukur.


15. Selalu WASPADA dan hindari pertemuan atau reuni sesama usia atau seangkatan.


Selalu Ingat olah raga setiap hari.


Usahakan berjemur di bawah sinar matahari, antara pkl 08:00 - 10:00. Cukup 15 menit.


Olah raga pagi usahakan di ruangan terbuka.


16. Ancaman CORONA belum berakhir atau lenyap saat ini.


17. Jangan memakai gelang, anting, cincin, atau jam tangan, saat Anda keluar.


18. Merokok bersama dan saling berdekatan dgn teman, sangat berbahaya.

Hindari minum kopi di warkop.


19. Bagi yg wanita sebaiknya juga tdk membawa tas, kecuali di sterilisasi setelah digunakan dari luar.


20. Tidak ada penggunaan saputangan tangan.

Pakailah sanitiser & tissue basah jika diperlukan.


21. Jangan bawa sepatu - sandal anda ke dalam rumah. 

Tinggalkan di teras luar.


22. Mandi atau cuci badan Anda setelah dari bepergian atau dari tempat banyak orang.


23. Ketika Anda telah membezuk atau mendekati pasien yang dicurigai menderita covid-19, segera mandi dengan seksama.

Salam Sehat Selalu

NASIHAT.IniOK.com

[ https://nasihat.iniok.com/2020/12/pandemi-ini-cepat-atau-lambat-akan.html ]

[12/1 20.38] +62 852-...7-...7: Mbuh yi kok kwatah temen aturane ..larangane oranoleh ngopi ng warung ...di larang makan2 n di kedai/warunh ..ma nane kon tutup kabeh warung la ekonomi bangkrut? Hindari pertemuan dan reini ...ora oleh kimpul kumpul luh nek kr bojo? Sido gk dw anak hhh wong ora oleh kumpul..he he he ...

[12/1 22.00] الشيخ دمنهوری: Tulisan di atas adalah termasuk irsyadaat at-thibbiyah (arahan2 dan bimbingan2 kesehatan) dari para dokter yang menjadi bidang keahliannya. Bukankah ada _dawuh_ "serahkan urusan sesuatu kepada ahlinya". 

اذا وسد الامر الى غير اهله فانتظر الساعة 

Urusan agama kita serahkan pada ahlinya yaitu para ulama dan kyai, urusan bangunan kita serahkan kepada ahlinya yaitu para insinyur dan para tukang, urusan anak kita biar pinter matematika serahkan kepada sekolah dan guru bidangnya, dst.. Urusan penyakit dan kesehatan kita serahkan kepada siapa ?... Kita harus memahami " maqam" dan posisi kita masing2. Para dokter dalam hal2 di luar kemampuannya juga meminta pendapat ahli2 dalam bidang yang lain, termasuk minta pendapat kepada ulama. 

Nasehat dokter itu ya ikuti semampu kita, gak diikuti ya gak apa2, jangan memberi komentar yang kemana-mana.

[12/1 23.16] +62 852-...7-5...: O nggh yi ngapunten kdg kulo guyonn dan kalau ia seradi serius niku bentuk kepedulian ksmi pd immat contoh warung warung rumsh rumah makan sekarang banyak yg tutup ..saya ketepatan kemarin ketuban mampir ke rm wahyu utama ketepatan urusan dg notaris tanya knpa tutp? Katanya corona mas ...itu saya mikir masyaalloh tenann setelah mmbaca tulisane njenengan yi ...kan kasian ...dan itu dmpk kemiskinan ...ngapunten estu yi kulo mbtn krmana mana ttp ke nu ...dan pemerintah ..niat isun kritis insyaalloh mbtn ngawur cuma guyon umpomo enten nggh spindah malih nywn ngapunten

[13/1 10.29] الشيخ دمنهوری: *PSBB/PPKM  Adalah Kebijakan Ulil Amri, Sebagai Bentuk Perlindungan dan Kasih Sayang Pemerintah Kepada Warga Negara*


Oleh : Ahmad Damanhuri 


ربنا لا تسلط علينا من لا يرحمنا بذنوبنا 


_"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan kepada kami, orang-orang yang tidak menyayangi kami karena dosa-dosa kami"_


Covid-19 semakin menyebar di depan mata kita. Cara kita dalam menyikapi penyakit tersebut akan menentukan kemampuan kita mencegah penyebarannya atau kecepatan penanganannya. Setiap kelompok memiliki keahlian sesuai dengan kompetensi yang telah ditekuni. Kita kawal upaya pengambil kebijakan (pemerintah) membuat langkah-langkah pencegahan dan penanganannya. Meski sering kebijakan itu kita rasakan berdampak buruk kepada banyak pihak, tapi sebagai santri kami tetap berkeyakinan, pengambil kebijakan telah mempertimbambangkan semuanya dari berbagai aspek. Sehingga mereka mengambil dampak negatif yang lebih ringan daripada tanpa kebijakan PSBB yang akan menyebabkan "dlarar", bahaya _(muhaqqaq/madhnun)_ yang lebih besar. Dalam kaidah Ushul Fiqh disebutkan "ٱرتكاب أخف الضررين"


Kita patuhi saran dari ahli kesehatan untuk pola hidup sehat yang mengurangi risiko kita terpapar virus tersebut. Mereka semua adalah perwujudan ulil amri sesuai dengan kapasitas dan bidangnya. Sementara ulil amri wajib kita ikuti, tentunya dalam batas-batas yang telah diatur oleh agama. 


*Sementara, para ulama, jika pengetahuannya terbatas pada bidang agama, sebaiknya tidak keluar dari ranah kompetensinya. Pilihan bagi ulama adalah fokus pada bidang pengetahuan agama atau ikut mempelajari bidang lain yang nantinya dapat dijadikan pengetahuan membimbing umat*.


Di masa lalu, ulama menjadi tempat bertanya atas semua persoalan. Bukan hanya persoalan agama, pendapat dan nasihatnya dalam bidang-bidang lainnya pun diikuti oleh jamaahnya. Namun, seiring dengan berkembangnya pengetahuan, dan semakin diambilnya ilmu agama dengan kematian para ulama,  maka muncul spesialisasi ilmu pengetahuan. Para spesialis tersebut menjadi orang yang paling kompeten terhadap sebuah persoalan. Akhirnya, peran dan makna ulama menyempit sebagai orang yang ahli dalam bidang agama. Karena itu mereka harus lebih hati-hati dalam mengomentari sebuah hal yang di luar kompetensinya. *Kita takutkan penyesatan atas umat, karena berbicara di luar keahliannya*. Jika terjadi kesalahan atau dibantah oleh mereka yang benar-benar ahli dalam bidang tersebut kredibilitasnya akan mengalami penurunan di mata umat.


Organisasi agama seperti NU yang pengurusnya terdiri dari banyak keahlian seperti keagamaan, kesehatan, kebijakan publik, ekonomi dan lainnya mendiskusikan persoalan dari berbagai perspektif sehingga mampu *memberi panduan yang lebih komprehensif dibandingkan pengetahuan dengan perspektif tunggal yang dimiliki seorang ulama*. Alhamdulillah hal itu telah dilakukan oleh NU di berbagai level dengan dilakukannya pengkajian yang mendalam atas wabah global covid-19 dengan mempertimbangkan beragam masukan dari berbagai pihak yang kompeten.  Umat, terutama warga NU diharap mengikuti panduan resmi NU dalam mengatasi wabah global ini.


Mulai Senin, 11 Januari 2021 berlaku Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali. PPKM hampir mirip dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang selama ini berlaku. PPKM Jawa Bali berlaku hingga 25 Januari 2021. PPKM/ PSBB akan membatasi sejumlah kegiatan dari bekerja, beribadah, bersekolah, hingga wisata. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menerbitkan aturan untuk pelaksanakan PSBB Jawa-Bali.


Hampir seluruh sektor terdampak, tak hanya kesehatan. Sektor ekonomi juga mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona.


Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Salah satu aturannya adalah pembatasan kapasitas restoran menjadi 25%.

Kegiatan restoran (makan/minum di tempat sebesar 25 persen) dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran.


Kondisi ini berpotensi membuat ribuan restoran menjadi tutup total.


Banjararum, 13 Januari 2021.

[13/1 10.43] +62 852-...4-...3: TPQ mu masuk opo libur yi....????

[13/1 10.45] +62 823-...3-...6: masuk alhamdulillah....

[13/1 10.46] +62 823-...3-...6: santrine yi yang masuk. tpq ku pancet ..heheheh

[13/1 10.47] +62 852-...4-...3: PPKM lhooo.....

[13/1 10.49] +62 823-...3-...6: Ya lihat kondisi daerah to yi...


 



[13/1 11.20] +62 812-...7-...1: kapanpun saya siap di vaksin, demi kesehatan

[13/1 11.22] H.Jazuli: Tenane 🤭😁

[13/1 11.27] +62 812-...7-..1: monggo sakniki mawon siap dalem divaksin ,dimana kapan ?

[13/1 12.52] SUYANTO KD KANOR: Ng ayho mbah vaksin colektif

[13/1 12.53] SUYANTO KD KANOR: Pak jazuli gadah jantung mboten klebet kreteria penerima vaksin

[13/1 13.04] Yai OENG: sing g duwe jantung g intuk vaksin


0 Comments:

Posting Komentar