Dari, Oleh, Untuk MWCNU RENGEL

Wikipedia

Hasil penelusuran

Language Choice

غينا غينكم غينهم

Jumat, 30 Juli 2021

Kabar Gembira Dari ROSUULULLOOH MUHAMMAD S'AW Bagi Guru dan Muriid 'Ilmu (Nahwu & Shorof)

[Jum'ah, 30/7 18.58] الشيخ دمنهوری: Kabar Gembira dari Rasulullah ﷺ bagi Penggiat Ilmu Nahwu. 


قال أبو بكر أحمد بن موسى بن العباس (ت. ٣٢٤ هـ):


كنت عند ابي العباس ثعلب النحوي (ت. ٢٩١ ه‍) فقال: يا أبا بكر، اشتغل أصحاب القرأن بالقرأن ففازوا، و اشتغل أصحاب الحديث بالحديث ففازوا، و اشتغل أهل الفقه بالفقه ففازوا، و اشتغلت أنا بزيد و عمرو فليت شعري، ما يكون حالي في الآخرة؟! 


فانصرفت من عنده فرأيت تلك الليلة النبي ﷺ في المنام فقال لي: أقرئ أبا العباس عني السلام، و قل له: "أنت صاحب العلم المستطيل


كتاب نشأة النحو و تاريخ أشهر النحاة للشيخ محمد طنطاوي ص ٢١٧


Abu Bakr Ahmad bin Musa bin Al-'Abbas (W. 324 H) becerita :


~Suatu waktu, aku sedang bersama seorang ahli Ilmu Nahwu, Abi Al-'Abbas Tsa'lab (W. 291 H), beliau berkata kepadaku: "Wahai Aba Bakar, ahli Al Qur'an sibuk dengan Al Qur'an, mereka sangat beruntung, begitu juga ahli hadits dan ahli fiqih (mereka disibukkan oleh _dawuh2 Nabi_ dan ilmu  fiqih yang sangat penting bagi orang banyak, sehingga mereka sangat beruntung). Sedangkan saya ? saya hanya sibuk dengan kata Zaidun dan 'Amrun (kata زيد dan عمرو selalu dipakai untuk contoh2 dalam ilmu nahwu mis :  جاء زيد dan ضربت عمرا), bagaimana nanti keadaanku ketika sudah berada di akhirat?"


Setelah kuungkapanku itu aku pun izin pamit. Ketika aku tidur, aku bermimpi bertemu dengan Rasulullah ﷺ, beliau bersabda: "sampaikan salam ku kepada Abu Al-'Abbas, dan katakan padanya bahwa ia merupakan pemilik _ilmu mustathil*"._


(Ilmu _musthathil_ maksudnya: ilmu tersebut dibutuhkan oleh ilmu-ilmu yang lain.) 


Kitab Nasyah An-Nahwi karya Syekh Muhammad Thanthawi hal. 218


(Fahrizal Fadhil)

[30/7 19.00] الشيخ دمنهوری: Orang yang bersungguh2 mencurahkan pikiran, tenaga, waktu dan hartanya untuk belajar nahwu, dan ilmu nahwu itu diniatkan  untuk berhidmah/mengabdi kepada ilmu2 agama, kepada alqur'an dan al hadist, ahirnya mendapatkan ridlo dari Kanjeng Nabi..


Semoga kita yang bersungguh2, mencurahkan segala kemampuan untuk NU, dengan niat hidmah/ mengabdikan diri kepada Allah, untuk Islam dan umat Islam juga suatu saat mendapat "kiriman salam" dari Baginda Nabi. Ya tentunya harus sungguh2 dan benar niatnya..(ahda)

0 Comments:

Posting Komentar